Minggu, 23 Desember 2012

Blogger Arab Saudi Terancam Hukuman Mati

RIYADH,  - Seorang penulis blog asal Arab Saudi akan diadili karena dianggap menghina agama Islam dan terancam hukuman mati.



Raif Badawi, yang membuat situs Free Saudi Liberals yang isinya adalah diskusi terkait peran agama di negara itu, ditangkap Juni lalu.Awalnya, Raif didakwa menghina agama Islam melalui saluran elektronik. Namun, dalam sidang terakhir seorang hakim mengalihkan kasus ini ke hakim yang lebih senior.

Di sana, hakim memberikan dakwaaan yang lebih serius. Raif didakwa akan meninggalkan agama dan jika dakwaan ini terbukti maka Raif bisa dijatuhi hukuman mati.Hasil dari sidang yang digelar 17 Desember lalu baru saja muncul melalui rilis organisasi Human Right Watch (HRW).

HRW menambahkan situs buatan Raif sudah ditutup, termasuk artikel yang menyoroti sejumlah tokoh agama senior negeri itu.Sejauh ini, juru bicara Kementerian Kehakiman Arab Saudi tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Arab Saudi selama ini dikenal sebagai negara yang menerapkan Syariah Islam dengan sangat ketat. Namun, belakangan Raja Abdullah mencoba untuk mereformasi sistem hukum negeri itu termasuk meningkatkan pelatihan hakim hingga membuat pengadilan lebih transparan.

Namun, sejumlah pengacara Arab Saudi mengatakan bahwa kelompok konservatif di Kementerian Kehakiman dan pengadilan menolak menerapkan berbagai perubahan yang dimulai Raja Abdullah sejak 2007 lalu.
 
Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar