Minggu, 23 Desember 2012

5 MENU MAKANAN KHAS BALI


Pulau bali memang tersohor hingga di segala penjuru dunia dengan keindahan alam, budaya dan adat tradisi nya yang slalu di lestarikan oleh masyarakat Bali. termasuk makanan nya yang mempunyai khas selera pedas.
berikut 5 menu makanan khas bali yang fenomenal :

1. AYAM BETUTU
Ayam Betutu pengolahannya tidak digoreng akan tetapi dikukus dengan air mendidih. Proses pembuatannya pun tergolong simple dan gampang. Anda cukup
menyiapkan bumbu seperti : Cabai merah, jahe, lengkuas, kunyit, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, daun jeruk purut, merica dan garam jangan lupa minyak goreng untuk menumis bumbunya. Untuk Cabai ingat dibuang bijinya kemudian kunyit dibakar, batang serai ambil bagian putihnya saja. Haluskan semua bumbu dan tumis sebentar kemudian lumuri daging ayam yang telah dibersihkan, kalau bisa gunakan ayam kampung agar rasa ayam betutu lebih nikmat dan daging agak terasa.
Kukus ayam yang telah dilumuri bumbu kemudia biarkan dikukus selama kurang lebih 2 jam kemudian angkat ayam betutunya setelah dikukus dan sebaiknya disajikan dengan nasi putih, kacang tanah yang digoreng dan plecing kangkung. Untuk minumnya bisa diserasikan dengan es jeruk ataupun es teh.

2. SATE LILIT
 
Daging ikan dilumatkan dan di haluskan bersama bumbu bumbu yang sudah di racik,baru setelah halus di lilit sesuai porsinya, Untuk mempermudah penempelan, tusuk sate untuk sate lilit bukan lidi atau batang bambu kecil tetapi dibuat dari pelepah kelapa yang dibelah khusus. Di restoran-restoran papan atas, tusuk sate ini sering diganti dengan batang serai, selain nampak lebih cantik, aroma daun serai juga memperkuat cita rasa si sate lilit itu sendiri.nah, untuk proses pematangan dilakukan dengan dua macam yaitu bisa di bakar dan bisa juga di goreng. tergantung selera.hmmm...ngiler ya.



3. SATE KAKUL

Kakul atau keong sawah merupakan sajian kuliner unik dan termasuk sulit dan jarang ditemui namun peminat masakan satu ini semakin meluas. DIkarenakan makanan ini sehat dan tanpa kolesterol. Menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber di Dunia Maya, Keong sawah bermanfaat untuk menurunkan tensi bagi yang menderita hypertensi. Bagi yang mempunyai tekanan darah rendah diperbolehkan mengkonsumsi kakul dengan batas tertentu. 
4. LAWAR

Lawar
Jenis Lawar ada beberapa macam yang biasanya dinamai berdasarkan jenis daging atau sayuran yang digunakan sebagai bahan pokoknya. Jika yang digunakan adalah daging biasanya lawar ini disebut dengan lawar daging, jika menggunakan buah nangka biasanya dinamakan lawar nangka. Namun  ada juga yang dinamakan berdasarkan warna lawar tersebut, yaitu jika berwarna merah dinamakan dengan lawar merah dan lawar putih jika lawar berwarna putih. Namun  ada juga lawar yang dinamakan Lawar padamare yaitu jenis lawar yang merupakan campuran dari berbagai jenis lawar. 

5. SEROMBOTAN

Begitu mendengar kata serombotan pikiran pasti langsung tertuju pada Kota Klungkung. Kota yang identik dengan sebutan bumi serombotan. Jenis makanan ini bahkan bisa ditemui hampir di semua desa di Klungkung. Serombotan ini merupakan makanan khas dari daerah Kabupaten Klungkung yang dibuat dari campuran beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan dan bumbu. Hidangan ini biasanya untuk temannya nasi,Saking enaknya dan laris, kini daerah penjualannnya semakin meluas dan tidak terbatas di daerah Klungkung saja.Jika selama ini serombotan lebih banyak didominasi oleh sayuran, kini Anda bisa menemukan menu serombotan baru yaitu serombotan kacang.Menu serombotan kacang ini hanya bisa ditemui di Banjar Kayehan Desa Dawan Kaler Klungkung.

Demikian 5 makanan khas bali yang melegenda....hmmmmm..

1 komentar: